Friday, December 02, 2011

Bangkok 2011 Day 2 Part 1

sambungan dari sini

bangun jam 6an..tp ngeliat masih pada tidur ikutan tidur lagi dan beneran bangun jam8an. bangun2 kutak katik BB masing2..drtd malam tnyata BIS kita blm aktif. ga ngerti cara ngaktifinnya, telfon call center malah pusing dengerin dia ngomong. setelah nelfon beberapa kali dapetlah operator yg bahasanya masih bisa dimengerti dan BBku aktif horeeeee...

sambil kutak-katik BB, sarapan popmie dan roti dulu. ya kita ke sini bawa popmie krn pergi kmn pun popmie memang jadi makanan penyelamat :) dan di hotel pun kita ga brani pesan breakfast  karena takut ga halal.

abis sarapan mandi langsung jalan ke phra arthit pier, ini semacam dermaga buat naik Chao Phraya Express Boat. Express boat merupakan salah satu transportasi air yg mereka pakai. supaya ga kena macet kali ya..

naik boat ini jadi inget waktu naik perahu di Sungai Martapura Banjarmasin. sama rasanya kaya naik angkot gitu ada halte/dermaga. eh tapi kalo naik angkot mah bisa turun dimana aja yak, ga perlu di halte :D

waktu kita ke Bangkok ini kebetulan sedang musim hujan, dan Bangkok bagian utara udah banjir. agak deg2an juga sih kita naik perahu ini karena airnya tinggi. tp berhubung cuma sungai masih agak2 berani..

oiya..warga di Bangkok tu cepat tanggap banget lho. kalo udah tau masuk musim banjir, walopun banjirnya blm nyampe ke wilayah mereka, mereka ttp udah siap siaga. semua toko2 di sepanjang sungai dan jalanan udah pasang benteng dari karung berisi pasir. dan ada juga yg bikin dinding bata setinggi lutut org dewasa di dpn pintu masuk toko mereka. 







kita naik perahu ini tujuannya ke Grand Palace dan Wat Pho turunnya di Tha Tien Pier. bayar per org untuk sekali jalan kalo ga salah THB 14.

keluar dari dermaga ini lgsg disambut Tha Tien Market..banyak orang jualan macem2.

nah mulai lah kita bingung sambil baca-baca map yang udah di ambil di bandara. mungkin karena keliatan bingung, tiba-tiba ada bapak-bapak necis pakai kemeja dan celana bahan (kaya orang kantoran) nyamperin. di mulai lah percakapannya,
(A) bapak2 Thai
(B) kami

(A) hai kalian dari mana asalnya? (pake bahasa enggreis tentunya ya)
(B) Indonesia
(A) ooow Indonesia.. saya sekeluarga berencana ke Bali bulan depan
(B) oooh yaaa??
(A) kalian mau kemana?
(B) mau ke Grand Palace
(A) ooh mau ke Grand Palace (GP) ya? sini pinjem map nya saya kasi tau ya.. sekarang GP masih tutup, karena lg praying time nanti bukanya jam 13.00 kalian jalan2 aja dulu naik tuk tuk (sambil nunjuk tuk tuk)
saya bekerja di GP jadi saya tau kalau skrg GP masih tutup. kalian coba aja jalan2 naik tuk tuk nanti kalian bisa dibawa ke sini, sini, sini, dan sini (sambil coret2 nunjukin lokasi di map) dan cukup bayar THB 40. tempat-teampat tujuan yg dia tunjuk semacam kuil/candi juga.
(B) oooh gitu ya..

tiba-tiba aku inget cerita dari blog-blog yang aku baca katanya itu adalah tipuan standar mereka ke semua turis yg mau jalan-jalan daerah GP sana. aku langsung ceritain ke ayah..tapi si ayah malah nanya "lho?? buat apa mereka bohong?? mungkin aja memang masih tutup"

dari cerita-cerita yg aku baca semua tourism police, supir tuk tuk, atau penjaga wat  pasti akan menyarankan hal yang sama ke semua turis yangg keliatan bingung. jadi sarannya jangan liatin kalo kita tuh turis yangg lagi kebingungan karena mereka pasti langsung nganggap kita "mangsa"nya.

akhirnya kami jalan lagi..dan nemu pintu masuk ke Wat Pho. tapi karena tujuan utama ke Grand Palace jadi kami keukeuh nyari pintu masuk GP dulu. jalan lagii..dengan bermodalkan peta.

GP ini ternyata banyak sekali pintunya dan di setiap pintu ada yg jaga. ngeliat kita kebingungan nyari pintu, lagi-lagi kita disamperin kali ini sama penjaga pintu berseragam. dan pertanyaan yang sama pun keluar dari mulut dia. mau kemana dan dijawab bahwa GP masih tutup karena ada kegiatan ibadah. persis dia langsung pinjem peta dan mau ngejelasin lebih baik kami jalan2 aja dulu naik tuk tuk.

aku langsung ingetin si ayah kalo itu akal-akalan mereka. tapi si ayah malah ngotot buat apa mereka berbohong?? masa semuanya orang di sini bohong. dimulailah perdebatan panjang kami...dan si adek yg gatau apa2 cuma diam aja -__-

aku coba jelasin dari banyak blog aku baca, semua orang ngalamin kejadian ini. ga tau maksud mereka apa, tapi kalau menurut pemikiran aku mungkin aja ini salah satu cara mereka buat memberi penghasilan para supir tuk tuk.

karena dengan mereka bawa kita jalan2, mereka memang bakal bawa kita ke kuil/candi seperti yang mereka bilang. tapi ternyata kita ga cuma di bawa ke kuil/candi aja, jadi nanti kita juga bakal di bawa ke tempat penjualan suvenir dan perhiasan. dari masing2 toko yangg kita datangi mereka bakal dapat THB 200. biasanya mereka bawa kita ke 4 toko dan kita disuruh liat2 selama minimal 5 menit.

setelah aku jelasin panjang lebar gitu ke ayah, barulah dia "agak" percaya dan kamipun melanjutkan mencari pintu masuk Grand Palace.
hari mulai panas ditambah hatipun panas karena hampir ditipu sama orang sini..tapi karena sebelum berangkat baca pengalaman orang lain jadi lumayan membantu. aaah...senangnya punya hobi baca blog orang lain hihihi :D

karena udah capek jalan akhirnya kamipun mulai kelaparan..dimulai juga kesusahan mencari makan -___-
di sekitar situ ada kaya pasar kecil gitu isinya jualan makanan dll..muter-muter nemunya gerobak-gerobak dengan gambar b*b* senyum semua. mampuuuslah...peniiing!!

akhirnya kita nemu yang jualan es krim yang disajikan di batok kelapa. lagi-lagi dari hasil membaca blog orang katanya enaak..langsung pesen doong..es krim nya ditaro di batok kelapa toppingya kelapa muda dan kacang tapi bisa tambah topping lagi, kita pun tambah pake kolang kaling. rasanya??? enaaaak.....pake bangeeet!!!
sayang lupa di foto karena saking kelaperannya :D

abis makan es krim kita jalan lagi dan nemu satu pintu GP yang rame banget, tenyata di situlah pintu masuk yang sebenarnya dan banyak orang lalu lalang. malahan banyak yang keluar. berarti GP udah buka daritadi kaaaan??? hahahahhaha...aku langsung bilang ke ayah "tuuuuh...liat orang udah pada keluar, berarti mereka masuk daritadi"

kamipun masuk dan mulai foto-foto di pintu masuk Grand Palace. kami jalan ngikutin alur orang-orang aja..dan akhirnya nemu tempat beli tiket masuk. dari info yg aku dapat harga tiketnya THB 370 ternyata udah naik jadi THB 400 kira-kira Rp.120.000 per orang. agak mahal sih kalau cuma buat ngeliat bangunan-bangunan sejarah gitu. palingan di dalam cuma foto-foto. 
tadinya kita agak-agak ragu gitu, tapi akhirnya si ayah bilang "alaah...mumpung di sini kapan lagi ke bangkok" 

dimulailah sesi pemotretan, tiap sudut rasanya pengen difoto. sayangnya langit agak mendung, kadang-kadang gerimis gitu. tapi setelah agak siangan jadi panas bgt. 








sekitar 2 jam muter-muter (belum semua bangunan kita jelajahi lho) akhirnya perut berontak minta diisi, secara tadi cuma diisi pake es krim yaiyyalaaah..akhirnya dengan berat hati kami keluar dari area Grand Palace yg luas itu. di dalam area GP ini ga ada yang jual makanan, dulu ada restoran gitu tapi sekarang katanya udah tutup. oiya potongan tiket masuk GP ini sebenernya masih bisa dipake buat masuk ke Vimanmek Mansion dan tempat-tempat wisata lain (lupa apa aja, ntar dicari dulu potongan tiketnya ya) dan tiket ini berlaku selama  1 minggu. lumayan sih sebenernya kalo memang niat mau jalan-jalan liat bangunan bersejarah di Bangkok. tapi kali ini aku arsitek "murtad" lagian dulu waktu kuliah juga ga suka mata kuliah sejarah arsitektur hahaha :D 



lagi-lagi bingung mau makan di mana..kamipun memutuskan untuk balik ke hotel aja dulu, nanti makan di mall-mall area Sumkhuvit aja. ya akhirnya itinerary berubah karena si ayah dan adek pengen ke mall aja karena pengen ke service center simcard yg kami beli. ternyata BIS punya ayah dan adek dari td pagi blum nyala, pdhl pulsa udah kepotong.

balik ke hotel naik tuk tuk bayar berapa lupa :D waktu hampir sampai di dekat hotel baru inget kalo di sana ada tempat makan namanya roti mataba. kemarin waktu browsing2 aku sempat nemu ada yg bilang kalau disitu makanannya halal. oiya untuk menandakan makanan itu halal atau ga biasanya di depan tokonya ada tulisan halal atau gambar bulan bintang.

roti mataba terletak di depan Phra Sumen Fort (semacam monumen) di Th Phra Arthit no 136.


pesen makanan apa aja lupa tapi yang pasti ada roti mataba (sejenis martabak) dan pastinya minum thai ice tea yang enaaaaaaak banget. dingin dan segeeeeer...sekali seruput habiiis :D
lagi-lagi krn saking lapernya, begitu makanan datang lupa difoto hehehee.. akhirnya perut pun bahagia 

to be continued....





1 comment: